Jumat, 22 November 2013

Contoh Program Perbaikan dan Pengayaan



CONTOH PROGRAM PERBAIKAN DAN PROGRAM PENGAYAAN

CONTOH PROGRAM PERBAIKAN



Sekolah                                                :    SDN   ............

Kelas / Semester                                  :     V (lima) / Genap

Mata Pelajaran                                     :     Pendidikan Agama Islam

Ulangan Harian  ke                              :     2

Tanggal Ulangan Harian                        :     1 Maret 2013

Bentuk Soal                                         :     Isian singkat

        Materi Ulangan Harian  (KD/Indikator)    :  Mengenal kitab-kitab Allah

                                                            : 1. Menyebutkan nama-nama kitab Allah

                                                              2. Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab Alloh

                                                              3. Menjelaskan Al quran sebagai kitab suci terakhir

Rencana Ulangan Rem                            :     8 Maret 2013
KKM                                                     :     70


No.
Nama Siswa
Nilai Ulangan
Indikator yang tidak dikuasai
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remidial
Nomor Soal yang dikerjakan dalam Tes  Remidial
Nilai Tes Rem
Ket.
( 1 )
( 2 )
( 3 )
( 4 )
( 5 )
( 6 )
(7)
(8)
1.
Ahmad
65
2, 3
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
1, 2, 3, 4
85
Tuntas
2.
Ilham
68
3
Diberikan Tugas khusus
3, 4
98
Tuntas
3.
dst







      Mengetahui                                                                                                 ….......................2013

      Kepala sekolah ……..                                                                                Guru Mata Pelajaran PAI





      …………………….                                                                                   …………………..

       NIP                                                                                                           NIP.



Keterangan :

·   Pada kolom ( 6 ), masing-masing indikator dibuatkan 1 atau 2 nomor soal dengan tingkat kesukaran  berbeda-beda

                                          Misalnya     :    Indikator 2 menjadi 2 soal yaitu nomor 1, 2

                                          Indikator 3 menjadi 2 soal yaitu nomor 3, 4

·   Pada kolom ( 7 ), nilai yang diperoleh hanya digunakan untuk menentukan tuntas atau tidak tuntasnya  dari siswa yang telah ikut remidial, karena nilai yang akan diolah adalah nilai batas ketuntasan. Artinya bahwa Ahmad dan Ilham  memperoleh nilai setelah remidial masing-masing 70 (batas KKM).



Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remedial

1.  Cara yang dapat ditempuh

a.   Pemberian bimbingan secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang belum atau mengalami  kesulitan dalam penguasaan KD tertentu.

b.  Pemberian tugas-tugas atau perlakuan secara khusus, yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran regular.



      Bentuk penyederhanaan itu dapat dilakukan guru antara lain melalui:

a.   Penyederhanaan strategi pembelajaran untuk KD tertentu

b.  Penyederhanaan cara penyajian (misalnya: menggunakan gambar, model, memberikan rangkuman yang sederhana, dll.)

c.  Penyederhanaan soal/pertanyaan yang diberikan.



2. Materi dan waktu pelaksanaan program remedial

 a.  Program remedial diberikan hanya pada KD atau indikator  yang belum tuntas.

 b.  Program remedial dilaksanakan setelah mengikuti  tes/ulangan KD tertentu atau sejumlah KD dalam  satu kesatuan



Teknik pelaksanaan penugasan/pembelajaran  remedial:

v    Penugasan individu diakhiri dengan tes (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20%.

v    Penugasan kelompok diakhiri dengan tes individual (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%. Pembelajaran ulang diakhiri dengan tes individual (tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 50 %.







CONTOH PROGRAM PENGAYAAN



Sekolah                            :  SDN  ...............

Kelas / Semester              :   V (lima) / Genap

Mata Pelajaran                 :   Pendidikan Agama Islam

KKM Mata Pelajaran       :  70

Materi  (KD/Indikator)     :   Mengenal kitab-kitab Allah

                                        : 1. Menyebutkan nama-nama kitab Allah

                                          2. Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah

                                           3. Menjelaskan Al quran sebagai kitab suci terakhir



No.
Nama Siswa
Nilai Ulangan
Bentuk Pengayaan
1.
Ihwan
90
Contoh:
.     1. Memberikan soal-soal  pemecahan masalah,
.     2,Memanfaatkan  Ihwan dan Aminah untuk menjadi tutor sebaya
2.
Aminah
100     

Dst ……………..


     

      Mengetahui                                                                                                  .................. …2013

      Kepala sekolah ………….                                                                         Guru Mata Pelajaran PAI





      …………………….                                                                                   …………………..

      NIP                                                                                                            NIP.



Pelaksanaan Program Pengayaan

1.      Cara yang dapat ditempuh:

a.      Pemberian bacaan tambahan atau berdiskusi yang bertujuan memperluas wawasan bagi KD  tertentu

b.      Pemberian tugas untuk melakukan analisis gambar, model,  bacaan, dll.

c.       Memberikan soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan

d.      Membantu guru dalam membimbing teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan.



2.      Materi dan waktu pelaksanaan program pengayaan

a.       Materi Program pengayaan diberikan sesuai dengan KD-KD atau indikator  yang dipelajari , bisa berupa penguatan materi yang dipelajari maupun berupa pengembangan materi

b.      Waktu pelaksanaan program pengayaan adalah:

·         setelah mengikuti tes/ulangan  KD tertentu  atau  kesatuan KD tertentu, dan  atau

·         pada saat pembelajaran dimana siswa yang lebih cepat tuntas dibanding dengan teman lainnya maka dilayani dengan program pengayaan



Sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran,  kegiatan pengayaan tidak lepas kaitannya dengan penilaian. Penilaian hasil belajar kegiatan pengayaan, tentu tidak sama dengan kegiatan pembelajaran biasa, tetapi cukup dalam bentuk portofolio, dan harus dihargai sebagai nilai tambah (lebih) dari peserta didik yang normal.

3 komentar:

  1. PROGRAM PERBAIKAN DAN PROGRAM PENGAYAAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal ini sudah banyak dilupakan atau tidak dikerjakan oleh guru. Mungkin karena ketidak-tahuan mereka, atau memang tidak mau tahu.
      Terima kasih untuk petunjuk ringkas namun padat di atas....
      Sukses selalu

      Hapus