PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
KELAS I TP.
2014/2015
No
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
A. Waktu
|
Ket
|
1
|
KI-3
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
|
3.12.
Mengetahui kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw
4.15
menceriterakan kisah ketelada
nan Nabi Muhammad saw
4.2 Melafalkan Asmaulhusna, ar-
Rahman, ar-rahim, al-Malik
3.3 Mengenal makna asmaulhusna
Ar-rahman, Ar-rahim, al-malik
|
4 jam
4 jam
4 jam
|
|
KI-4
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
||||
2
|
KI-1
menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.5 Terbiasa membaca Basmalah se
tiap memulai aktivitas
4.4 Melafalkan surah al-fatehah dan
surah al-Ikhlas dengan benar
dan jelas
4.6 Menunjukkan hafalan surah al-
Fatehah
dan surah al-ikhlas deng
an benar dan jelas
3.1 Mengenal pesan-pesan yang ter
kandung di dalam surah al-fate
hah, al-Ikhlas dan al-alaq/96:1-5
4.1 Melafalkan huruf-huruf hijaiyah
dan harakatnya secara lengkap
|
4 jam
4 jam
4 jam
4 jam
|
|
KI-3
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
|
||||
KI-4
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
||||
3
|
KI-1
menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.2 Meyakini adanya Allah Swt yang
Maha Pengasih dan Maha penya
yang
3.2 Mengenal keesaan Allah SWT
berdasarkan pengamatan thdp
dirinya dan makhluk ciptaan Nya
yang dijumpai disekitar rumah
dan sekolah
|
4 jam
4jam
|
|
KI-3
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
|
||||
4
|
KI-2
memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
|
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai im
plementasi dari pemahaman si
fat “shiddiq” Rasulullah Saw
2.5 Memiliki sikap percaya diri seba
gai implementasi dari pemaham
an surah al-Ikhlas
|
4 jam
4 jam
|
|
5
|
KI-1
menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
3.6 Mengenal tatacara bersuci
4.9 Mempraktekkan tatacara bersuci
1.4 Terbiasa bersuci sebelum beriba
Dah
2.8 Memiliki perilaku bersih badan,
pakaian, barang-barang dan tem
pat sebagai implementasi pema
haman makna bersuci
|
4 jam
4 jam
4 jam
|
|
KI-2
memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
|
||||
KI-3
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
|
||||
6
|
KI-3
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
|
3.8 Mengenal kisah keteladanan
Nabi Adam as
4.11
menceriterakan kisah ketelada
nan Nabi Adam as
3.10
mengenal kisah keteladanan
Nabi adam as
4.13
Menceriterakan kisah ketelada
nan Nabi Nuh as
3.11
Mengenalkisah keteladanan
Nabi Hud as
4.14
Menceriterakan kisah keteladan
an Nabi hud as
|
4 jam
4 jam
4 jam
4 jam
4 jam
4 jam
|
|
KI-4
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
||||
No
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
A. Waktu
|
Ket
|
7
|
KI-1
menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
3.9 Mengenal kisah keteladanan Na
bi Idris as
4.12Menceriterakan
kisah keteladan
an Nabi idris as
1.1 Terbiasa berdoa sebelum dan se
sudah belajar sebagai bentuk pe
mahaman terhadap surah al-
Fatehah
4.5 Melafalkan doa sebelum dan se
sudah belajar dengan benar dan
jelas
3.5 Mengenal makna doa sebelum
dan sesudah belajar
3.1 Mengenal pesan-pesan yang ter
kandung dalam surah al-fatehah,
Al-ikhlas,
dan al-Alaq/96 : 1-5
2.7
Memiliki perilaku rajin belajar se
bagai implementasi pemahaman
surah
al-alaq/96 : 1-5
|
4 jam
4 jam
4 jam
4 jam
4 jam
|
|
KI-2
memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
|
||||
KI-3
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
|
||||
KI-4
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
||||
8
|
KI-3
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah
|
4.4 Melafalkan surah al-Fatehah dan
surah al-ikhlas dengan benar dan
jelas
4.6 Menunjukkan hafalan surah al-
Fatehah
dan surah al-Ikhlas deng
an benar dan jelas
3.1 mengenal pesan-pesan yang ter
Kandung dalam surah al-Fatehah
Al-Ikhlas,
dan al-Alaq/96 : 1-5
|
4 jam
4 jam
4 jam
|
|
KI-4
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
||||
9
|
KI-3
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
|
4.2 Melafalkan Asmaulhusna ar-Rah
man, ar-Rahim, al-Malik
3.3 Mengenal makna Asmaulhusna
Ar-Rahman, ar-Rahim, al-malik
4.3 melafalkan dua kalimah syahada
dengan benar dan jelas
3.4 mengenal makna dua kalimah
syahadat sebagai bagian dari ru
kun islam yang pertama
|
4 jam
4 jam
|
|
KI-4
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
||||
10
|
KI-3
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
|
3.7 Mengenal shalat dan kegiatan
agama Yang dianutnya di sekitar
rumahnya melalui pengamatan
4.10Mencontohkan
kegiatan agama
yang dianutnya disekitar rumah
|
4 jam
4 jam
|
|
KI-4
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
||||
11
|
KI-1
menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
2.6 Memiliki sikap yang baik ketika
Berbicara sebagai implementasi
dari pemehaman surah al Baqa
rah/2 : 82
2.2 Memiliki perilaku hormat dan pa
tuh kepada kedua orangtua dan
guru sebagai implementasi dari
pengamalan surah Lukman/31:14
4.7 mencontohkan perilaku hormat
dan patuh kepada orangtua dan
guru
2.3 Memiliki perilaku hormat kepada
sesama anggota keluarga sebaga
implementasi dari pemahaman
surah Lukman /31 :14
4.8 mencontohkan perilaku saling
menghormati antar sesama ang
gota keluarga
1.3 Mensukuri karunia dan pemberi
an sebagai implementasi dari
pemahaman surah al Fatehah
dan surah al ikhlas
2.4 Memiliki sikap pemaaf sebagai
implementasi dari pemahaman
kisah keteladanan nabi Muhamm
mad Saw
|
4 jam
4 jam
4 jam
4 jam
4 jam
4 jam
4 jam
|
|
KI-2
memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
|
||||
KI-4
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
Jumlah 39 Minggu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar