Selasa, 09 September 2014

PROGRAM TAHUNAN PAI KLAS I KUR 2013



PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
KELAS I TP. 2014/2015
No
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Waktu
Ket
1
KI-3 Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.12. Mengetahui kisah keteladanan
         Nabi Muhammad saw
4.15 menceriterakan kisah ketelada
        nan Nabi Muhammad saw
4.2   Melafalkan Asmaulhusna, ar-
        Rahman, ar-rahim, al-Malik
3.3   Mengenal makna asmaulhusna
        Ar-rahman, Ar-rahim, al-malik       

4 jam

4 jam


4 jam

KI-4 Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
2
KI-1 menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.5  Terbiasa membaca Basmalah se
       tiap memulai aktivitas
4.4  Melafalkan surah al-fatehah dan
       surah al-Ikhlas dengan benar
       dan jelas
4.6  Menunjukkan hafalan surah al-
       Fatehah dan surah al-ikhlas deng
      an benar dan jelas
3.1  Mengenal pesan-pesan yang ter
       kandung di dalam surah al-fate
       hah, al-Ikhlas dan al-alaq/96:1-5  
4.1  Melafalkan huruf-huruf hijaiyah
       dan harakatnya secara lengkap




4 jam


4 jam



4 jam

4 jam

KI-3 Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4 Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
3
KI-1 menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.2  Meyakini adanya Allah Swt yang
       Maha Pengasih dan Maha penya
       yang
3.2  Mengenal keesaan Allah SWT
       berdasarkan pengamatan thdp
       dirinya dan makhluk ciptaan Nya
       yang dijumpai disekitar rumah
       dan sekolah

4 jam



4jam

KI-3 Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4
KI-2 memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
2.1  Memiliki sikap jujur sebagai im
       plementasi  dari pemahaman si
       fat “shiddiq” Rasulullah Saw
2.5  Memiliki sikap percaya diri seba
       gai implementasi dari pemaham
       an surah al-Ikhlas

4 jam

4 jam

5
KI-1 menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
3.6  Mengenal tatacara bersuci
4.9  Mempraktekkan tatacara bersuci
1.4  Terbiasa bersuci sebelum beriba
       Dah
2.8  Memiliki perilaku bersih badan,
       pakaian, barang-barang dan tem
       pat sebagai implementasi pema
       haman makna bersuci
4 jam
4 jam


4 jam

KI-2 memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI-3 Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
6
KI-3 Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.8  Mengenal kisah keteladanan
       Nabi Adam as
4.11 menceriterakan kisah ketelada
        nan Nabi Adam as
3.10 mengenal kisah keteladanan
        Nabi adam as
4.13 Menceriterakan kisah ketelada
        nan Nabi Nuh as
3.11 Mengenalkisah keteladanan
        Nabi Hud as
4.14 Menceriterakan kisah keteladan
        an Nabi hud as

4 jam

4 jam

4 jam

4 jam

4 jam

4 jam

KI-4 Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
No
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Waktu
Ket
7
KI-1 menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
3.9  Mengenal kisah keteladanan Na
       bi Idris as
4.12Menceriterakan kisah keteladan
       an Nabi idris as
1.1  Terbiasa berdoa sebelum dan se
       sudah belajar sebagai bentuk pe
       mahaman terhadap surah al-
       Fatehah
4.5  Melafalkan doa sebelum dan se
       sudah belajar dengan benar dan
       jelas
3.5  Mengenal makna doa sebelum
       dan sesudah belajar
3.1  Mengenal pesan-pesan yang ter
       kandung dalam surah al-fatehah,
       Al-ikhlas, dan al-Alaq/96 : 1-5
2.7 Memiliki perilaku rajin belajar se
      bagai implementasi pemahaman
      surah al-alaq/96 : 1-5

4 jam



4 jam



4 jam




4 jam


4 jam


KI-2 memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI-3 Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4 Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
8
KI-3 Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.4  Melafalkan surah al-Fatehah dan
       surah al-ikhlas dengan benar dan
       jelas
4.6  Menunjukkan hafalan surah al-
       Fatehah dan surah al-Ikhlas deng
      an benar dan jelas
3.1  mengenal pesan-pesan yang ter
       Kandung dalam surah al-Fatehah
      Al-Ikhlas, dan al-Alaq/96 : 1-5

4 jam


4 jam


4 jam

KI-4 Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
9
KI-3 Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.2  Melafalkan Asmaulhusna ar-Rah
       man, ar-Rahim, al-Malik
3.3  Mengenal makna Asmaulhusna
       Ar-Rahman, ar-Rahim, al-malik
4.3  melafalkan dua kalimah syahada
       dengan benar dan jelas
3.4  mengenal makna dua kalimah
       syahadat sebagai bagian dari ru
       kun islam yang pertama

4 jam



4 jam

KI-4 Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
10
KI-3 Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.7  Mengenal shalat dan kegiatan
       agama Yang dianutnya di sekitar
       rumahnya melalui pengamatan
4.10Mencontohkan kegiatan agama
       yang dianutnya disekitar rumah

4 jam


4 jam

KI-4 Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
11
KI-1 menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.6  Memiliki sikap yang baik ketika
       Berbicara sebagai implementasi
       dari pemehaman surah al Baqa
       rah/2 : 82
2.2  Memiliki perilaku hormat dan pa
       tuh kepada kedua orangtua dan
       guru sebagai implementasi dari
       pengamalan surah Lukman/31:14
4.7  mencontohkan perilaku hormat
       dan patuh kepada orangtua dan
       guru
2.3  Memiliki perilaku hormat kepada
       sesama anggota keluarga sebaga
      implementasi dari pemahaman
      surah Lukman /31 :14
4.8  mencontohkan perilaku saling
       menghormati antar sesama ang
       gota keluarga
1.3  Mensukuri karunia dan pemberi
       an sebagai implementasi dari
       pemahaman surah al Fatehah
       dan surah al ikhlas
2.4  Memiliki sikap pemaaf sebagai
       implementasi dari pemahaman
       kisah keteladanan nabi Muhamm
      mad Saw

4 jam




4 jam


4 jam


4 jam


4 jam



4 jam




4 jam


KI-2 memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI-4 Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Jumlah 39 Minggu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar