PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
KELAS IV TP.
2014/2015
No
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
A. Waktu
|
Ket
|
1
|
KI-4
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Membaca surahal-falaq, al-Ma
un dan al Fil dengan tartil
4.2 menulis kalimat-kalimat dalam
Al Falaq, al-Maun dan al Fil de
ngan benar
4.3 Menunjukkan hafalan al-Falaq
Al-maun dan al-Fil dg lancar
|
4jam
4 jam
4 jam
|
|
2
|
KI-1
menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI-3
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
|
1.6 Meyakini adanya Rasul Allah swt
3.1 Mengetahui Allah itu ada melalu
Pengamatan thd makhluk ciptaa
Nya di sekitar rumah dan sekola
|
4 jam
4 jam
|
|
3
|
KI-2
memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI-3
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
KI-4
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai im
plementasi dari pemahaman su
rah at-Taubah/9:119
2.2 Memiliki perilaku hormat dan pa
tuh kepada orang tua dan guru
dan sesame anggota keluarga se
bagaimana implementasi dari pe
mahaman surah Luqman/31:14
2.3 Memiliki sikap santun dan meng
hargai teman baik di rumah, se
kolah dan masyarakat sebagai
implementasi dari pemahaman
surah al-Hadid/57:9
2.6 Memiliki sifat amanah sebagai
implementasi dari pemahaman
kisah keteladanan Nabi Muham
mad Saw
3.11
Mengetahui sifat santun dan me
hargai sesame dari Nabi Muham
mad Saw
4.4 Mencontohkan sikap santun dan
Menghargai teman, baik di rmah
Sekolah dan masyarakat sktar
|
4 jam
4 jam
4 jam
4 jam
2 jam
2 jam
|
|
4
5
|
KI-1
menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI-3
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
KI-4
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
1.1
Menerapkan
ketentuan syareat
Islam dlm bersuci dari hadats
besar dan hadats kecil
3.4 memahami ttacara bersuci dari
hadats kecil dan hadats besar
sesuai ketentuan syareat islam
4.7 Mempraktekkan tatacara bersu
ci dari hadats kecil dan hadats
besar sesuai ketentuan syareat
Islam
|
4 jam
4 jam
4 jam
|
|
KI-1
menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI-3
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
KI-4
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
1.6 Meyakini keberadaan Malaikat
Malaikat Allah Swt
3.6 Mengetahui kisah keteladanan
Nabi Ayub As
3.7 Mengetahui kisah keteladanan
Nabi Zulkifli As
3.8 Mengetahui kisah keteladanan
Harun As
|
4 jam
4 jam
4 jam
4 jam
4 jam
|
||
3.9 Mengetahui kisah keteladanan
Nabi Musa As
4.9 Mengetahui kisah keteladanan
Nabi Ayub As
4.10 Mengetahui kisah
keteladanan
Nabi Zulkifli As
4.11 Mengetahui kisah
keteladanan
Musa As
4.12 mengetahui kisah
keteladanan
Nabi Musa As
|
4 jam
4 jam
4 jam
4 jam
4 jam
|
|||
6
|
KI-4
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Membaca surah Al Falaq, al Ma
un
dan Al Fiil dengan tartil
4.2 Menulis kalimat-kalimat dalam
al
Falaq, al Maun, dan al Fiil de
ngan benar
4.3 Menunjukkan hafalan surah al
Falaq,
al Maun dan al Fiil denga
Lancer
|
4 jam
4 jam
4 jam
|
|
7
|
KI-1
menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI-3
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
|
1.5 menghindari perilaku tercela se
bagai implementasi pemahama
ibadah shalat
3.2 Mengerti makna iman kepada
Malaikat-Malaikat Allah berda
sarkan pengamatan terhadap di
rinya dan alam sekitar
|
4 jam
4 jam
|
|
8
|
KI-2
memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI-4
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
2.5 Memiliki sikap membaca sebagai
Implementasi dari pemahaman
surat al Alaq/96:1-5
2.7 Memiliki sikap pantang menyera
sebagai implementasi dari kisah
keteladanan Nabi Musa as
2.8 memiliki sikap rendah hatiseba
gai implementasi dari pemaha
man surah al Isra’/17:37
2.9 Memiliki perilaku hematsebagai
Implementasi dari pemahaman
Surah al isra’/17:27
4.5 Mencontohkan sikap rendah ha
ti sebgai implementasi dari pe
Mahaman surah al isra’/17:37
4.6 Mencontohkan perilaku hemat
Sebagai implementasi dari pe
Mahaman surah al Isra’/17:27
|
4 jam
4 jam
4 jam
4 jam
2 jam
2 jam
|
|
9
|
KI-1
menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI-3
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
KI-4
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
1.2 Menunaikan shalat secara tertib
sebagai wujud dari penghambaan
diri kepada Allah Swt.
2.5 Menghindari perilaku tercela
sebagai implementasi dari pemaham
badah ¡alat.
3.5 Memahami makna bacaan ¡alat.
4.8 Menceritakan pengalaman
melaksanakan ¡alat di rumah,
atau di masjid
lingkungan sekitar rumah.
|
4 jam
4 jam
4 jam
4 jam
|
|
10
|
KI-1
menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI-3
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
|
3.10 Mengetahui kisah
keteladan
an Wali Songo
4.13 Menceriterakan
kisah ketela
danan Wali asongo
|
4 jam
4 jam
|
Jumlah KD = 40, jumlah minggu
: 38 minggu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar