Minggu, 29 Maret 2015

Instrumen Supervisi Akademik Kur 13



INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK PEMBELAJARAAN KURIKULUM 2013

INSTRUMEN/LEMBAR OBSERVASI UNTUK  KEGIATAN SUPERVISI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013

1. NamaGuru                        :
2. Nama Sekolah                   :
3. Kelas                                   :
4. Tema /Sub Tema               :
ASPEK YANG DIAMATI
Ya
Tidak
Catatan
Kegiatan Pendahuluan

Melakukan Apersepsi dan Motivasi
A
Menyiapkan Fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan Pembelajaran

Dipertahankan
B
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik dalam pelajaran atau dengan tema sebelumnya


C
Mengajukan pertanyaan yang ada kaitannya
dengan tema yang akan diberikan


D
Mengajak peserta didik berdinamika/ melakukan sesuatu kegiatan yang terkait dengan materi, dan Menyampaikan Tujuan Pembelajaran


            Kegiatan Inti

Guru menguasai materi yang diajarkan
A
Kemampuan menyesuaikan materi dengan
tujuan pembelajaran


B
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang diintegrasikan secara relevan dengan perkembangan Iptek dan kehidupan nyata.


C
Menyajikan materi dalam tema secara sistematis dan gradual (dari yang mudah kesulit, dari konkrit ke abstrak)



Guru menerapkan strategi pembelajaran yang mendidik
A
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan cicapai


B
Melaksanakan pembelajaran secara runtut


C
Menguasai kelas dengan baik


D
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual


E
Melaksanakan Pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif


F
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Alokasi waktu yang direncanakan.



ASPEK YANG DIAMATI
Ya
Tidak
Catatan


Guru melaksanakan Pendekatan saintifik
A
Menyajikan topic atau materi yang mendorong peserta didik melakukan kegiatan mengamati/ observasi.


B
Memancing peserta didik bertanya


C
Menyajikan kegiatan mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi/data



D
Menyajikan kegiatan mendorong peserta didik untuk mengasosiasikan/ mengolah informasi.



e
Menyajikan kegiatan yang mendorong peserta didik untuk terampil mengkomunikasikan hasil secara lisan maupun tertulis.




Guru melaksanakan Penilaian autintik
A
Mengamati sikap dan perilaku peserta didik dalam mengikuti pembelajaran



B
Melakukan penilaian ketrampilan peserta didik dalam melakukan aktifitas Individu/kelompok.



C
Mendokumentasikan hasil pengamatan sikap, perilaku dan ketrampilan peserta didik




Guru memanfaatkan sumber belajar/ media dalam pembelajaran
A
Menunjukan ketrampilan dalam pemanfaatan sumber belajar



B
Menunjukan ketrampilan dalam penggunaan media pembelajaran



C
Menghasilkan pesan yang baik.



D
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar



E
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran




Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran
A
Menumbuhkan partisifasi aktif peserta didik melalui interaksi



B
Merespon positif partisipasi peserta didik



C
Menunjukan sikap terbuka terhadap respon peserta didik



D
Menujnjukan hubungan antara pribadi yang kondusif



E
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam belajar




ASPEK YANG DIAMATI
Ya
Tidak
Catatan


Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
A
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar


B
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar


C
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai



Kegiatan Penutup

Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif



A
Melakukan refleksi atau membuat  rangkuman dengan melibatkan peserta didik



B
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan lanjutan, atau tugas.




Rumus Penilaian Jumlah  yang muncul (Ya) dibagi jumlah Komponen (36) x 100.
  Nilai           86-100             : SB
                  71-85               : B
                  55-70               : C
                  < 55                 : Kurang
 
Kesimpulan............................................................................................................
...............................................................................................................................
Refleksi..................................................................................................................
..............................................................................................................................
Rekomendasi.........................................................................................................    
             
Mengetahui                                                                                          Pasirsakti; 19 November 2014
Kepala Sekolah                                                                                   Pengawas Pembina


Supardi, S.Pd MM                                                                             Abd. Hadi, S.Ag 
Nip. 19580808 197910 1 007                                                             Nip. 19620316 198303 1 011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar