INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK PEMBELAJARAAN KURIKULUM 2013
INSTRUMEN/LEMBAR OBSERVASI UNTUK KEGIATAN SUPERVISI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM 2013
1.
NamaGuru :
2.
Nama Sekolah :
3.
Kelas :
4.
Tema /Sub Tema :
ASPEK
YANG DIAMATI
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
|
Kegiatan Pendahuluan
|
||||
Melakukan Apersepsi dan Motivasi
|
||||
A
|
Menyiapkan Fisik dan psikis
peserta didik
dalam mengawali kegiatan
Pembelajaran
|
√
|
Dipertahankan
|
|
B
|
Mengaitkan materi pembelajaran
sekarang dengan pengalaman peserta didik dalam pelajaran atau dengan tema
sebelumnya
|
√
|
||
C
|
Mengajukan pertanyaan yang ada
kaitannya
dengan tema yang akan diberikan
|
√
|
||
D
|
Mengajak peserta didik
berdinamika/ melakukan sesuatu kegiatan yang terkait dengan materi, dan
Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
|
√
|
||
Kegiatan
Inti
|
||||
Guru menguasai materi yang diajarkan
|
||||
A
|
Kemampuan menyesuaikan materi
dengan
tujuan pembelajaran
|
√
|
||
B
|
Kemampuan mengkaitkan materi
dengan pengetahuan lain yang diintegrasikan secara relevan dengan
perkembangan Iptek dan kehidupan nyata.
|
√
|
||
C
|
Menyajikan materi dalam tema
secara sistematis dan gradual (dari yang mudah kesulit, dari konkrit ke
abstrak)
|
√
|
||
Guru menerapkan strategi
pembelajaran yang mendidik
|
||||
A
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai
dengan kompetensi yang akan cicapai
|
√
|
||
B
|
Melaksanakan pembelajaran secara
runtut
|
√
|
||
C
|
Menguasai kelas dengan baik
|
√
|
||
D
|
Melaksanakan pembelajaran yang
bersifat kontekstual
|
√
|
||
E
|
Melaksanakan Pembelajaran yang
memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
|
√
|
||
F
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai
dengan Alokasi waktu yang direncanakan.
|
√
|
ASPEK
YANG DIAMATI
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
|
Guru
melaksanakan Pendekatan saintifik
|
||||
A
|
Menyajikan topic atau materi yang
mendorong peserta didik melakukan kegiatan mengamati/ observasi.
|
√
|
||
B
|
Memancing peserta didik bertanya
|
√
|
||
C
|
Menyajikan kegiatan mendorong
peserta didik untuk mengumpulkan informasi/data
|
|||
D
|
Menyajikan kegiatan mendorong
peserta didik untuk mengasosiasikan/ mengolah informasi.
|
|||
e
|
Menyajikan kegiatan yang mendorong
peserta didik untuk terampil mengkomunikasikan hasil secara lisan maupun
tertulis.
|
|||
Guru melaksanakan Penilaian
autintik
|
||||
A
|
Mengamati sikap dan perilaku
peserta didik dalam mengikuti pembelajaran
|
|||
B
|
Melakukan penilaian ketrampilan
peserta didik dalam melakukan aktifitas Individu/kelompok.
|
|||
C
|
Mendokumentasikan hasil pengamatan
sikap, perilaku dan ketrampilan peserta didik
|
|||
Guru memanfaatkan sumber belajar/
media dalam pembelajaran
|
||||
A
|
Menunjukan ketrampilan dalam
pemanfaatan sumber belajar
|
|||
B
|
Menunjukan ketrampilan dalam
penggunaan media pembelajaran
|
|||
C
|
Menghasilkan pesan yang baik.
|
|||
D
|
Melibatkan peserta didik dalam
pemanfaatan sumber belajar
|
|||
E
|
Melibatkan peserta didik dalam
pemanfaatan media pembelajaran
|
|||
Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan
peserta didik dalam pembelajaran
|
||||
A
|
Menumbuhkan partisifasi aktif
peserta didik melalui interaksi
|
|||
B
|
Merespon positif partisipasi
peserta didik
|
|||
C
|
Menunjukan sikap terbuka terhadap
respon peserta didik
|
|||
D
|
Menujnjukan hubungan antara pribadi
yang kondusif
|
|||
E
|
Menumbuhkan keceriaan dan
antusiasme peserta didik dalam belajar
|
√
|
ASPEK
YANG DIAMATI
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
|
Guru menggunakan bahasa yang benar
dan tepat dalam pembelajaran
|
||||
A
|
Menggunakan bahasa lisan secara
jelas dan lancar
|
√
|
||
B
|
Menggunakan bahasa tulis yang baik
dan benar
|
√
|
||
C
|
Menyampaikan pesan dengan gaya
yang sesuai
|
√
|
||
Kegiatan Penutup
|
||||
Guru mengakhiri pembelajaran
dengan efektif
|
||||
A
|
Melakukan refleksi atau
membuat rangkuman dengan melibatkan
peserta didik
|
|||
B
|
Melaksanakan tindak lanjut dengan
memberikan arahan kegiatan lanjutan, atau tugas.
|
Rumus Penilaian Jumlah yang muncul (Ya) dibagi jumlah Komponen (36)
x 100.
Nilai 86-100
: SB
71-85 : B
55-70 : C
< 55 : Kurang
Kesimpulan............................................................................................................
...............................................................................................................................
Refleksi..................................................................................................................
..............................................................................................................................
Rekomendasi.........................................................................................................
Mengetahui
Pasirsakti; 19 November 2014
Kepala Sekolah
Pengawas Pembina
Supardi,
S.Pd MM
Abd. Hadi, S.Ag
Nip. 19580808 197910 1 007 Nip.
19620316 198303 1 011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar